Etika Berinternet

ETIKA BERINTERNET

Jumat, 16 Desember 2011

Netiket : Contoh Etika Berinternet


Netiket atau Nettiquette, adalah etika dalam berkomunikasi menggunakan internet yang ditetapkan oleh IETF. IETF (The Internet Enginering Task Force) adalah sebuah komunitas masyarakat internasional yang terdiri dari para perancang jaringan, operator, penjual dan peneliti yang terkait dengan evolusi arsitektur dan pengoperasian internet.
·         Netiket pada one to one communications : Yang dimaksud dengan one to one communications adalah kondisi dimana komunikasi terjadi antarindividu “face to face” dalam sebuah dialog. Contoh komunikasi via email yang dilarang: Jangan terlalu banyak mengutip, perlakukan email secara pribadi, hati-hati dalam menggunakan huruf capital, jangan membicarakan orang lain, jangan menggunakan CC (Carbon Copy), jangan menggunakan format HTML, jawablah secara masuk akal.
·         Netiket pada one to many communications : Konsep komunikasi one to many communications adalah bahwa satu orang bisa berkomunikasi kepada beberapa orang sekaligus. Hal itu seperti yang terjadi pada mailing list dan net news. Mailing list adalah grup diskusi di Internet di mana setiap orang bisa berlangganan dan berikutserta didalamnya.
Information services : Pada perkembangan internet, diberikan fasilitas dan berbagai layanan baru yang disebut layanan informasi (information service). Berbagai jenis layanan ini antara lain seperti Gropher, Wais, Word Wide Web (WWW), Multi-User Dimensions (MUDs), Multi-User Dimensions which are object Oriented (MOOs)
Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete adalah:
1.       Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall
2.       Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengunggah data pribadi anda. dan anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju telah dijamin keamanannya.
3.       dan yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet, caranya sederhana yaitu,:
a)   Jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
b)   Jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalkan melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit
c)   Jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
d)  Jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.
e)   Jangan flamming (memanas-manasi), trolling (keluar dari topik pembicaraan) ataupun junking (memasang post yang tidak berguna) saat berforum.

0 komentar:

Copy Right @ 2011: afif afifomzee.blogspot.com